EnglishIndonesian
allammedica watches for men
Terima Insentif 126.950 U$ pertahun; FORTASBI dan Yayasan Setara Jambi Latih Petani Mandiri Berserti
Terima Insentif 126.950 U$ pertahun; FORTASBI dan Yayasan Setara Jambi Latih Petani Mandiri Berserti

Bogor, 5 Desember 2019

Provinsi Jambi adalah provinsi yang memiliki komitmen penuh terhadap implementasi standar minyak sawit berkelanjutan. Tidak hanya di level perusahaan besar, tapi petani mandiri juga terlibat dalam mempromosikan implementasi standar minyak sawit berkelanjutan. Hingga tahun 2019, sekitar 4 Kelompok Petani Mandiri telah bersertifikat RSPO, 2 Kelompok bersertifikat ISPO dan 1 Kelompok bersertifikat ISCC yang berada di Provinsi Jambi.

Kesemua model sertifikasi tersebut memberikan manfaat dan insentif untuk petani mandiri, dari akses pemasaran TBS, kemitraan yang baik, dukungan pemerintah untuk akses legalitas, dan akses pengetahuan budidaya. Bahkan ada Kelompok Petani Mandiri yang mendapatkan akses dukungan Peremajaan Sawit ketika bersertifikat minyak sawit berkelanjutan.

Selain manfaat diatas, ada manfaat lansung yang diperoleh oleh Kelompok Petani Mandiri, terutama yang berhasil mendapatkan sertifikat RSPO, yaitu insentif lansung dari pembeli produk minyak sawit. 4 Kelompok Petani Mandiri yang bersertifikat RSPO di provinsi Jambi, dengan jumlah petani sekitar 1.304 Petani dengan luas lahan 1.537 Ha telah mendapatkan insentif sebesar 126.950 U$/tahun. Dana itu diperoleh oleh Kelompok Petani secara lansung dari penjualan Credit RSPO.

Sertifikat RSPO berlaku selama 5 tahun, dan selama 5 tahun Kelompok Petani Mandiri yang bersertifikat RSPO akan mendapatkan insentif tersebut. Salah satu pengalaman dari Gapoktan Tanjung Sehati di Kabupaten Merangin, Gapoktan ini telah bersertifikat sejak tahun 2014 lalu, dah hingga saat ini dana insentif yang diperoleh selama 6 tahun adalah mencapai 174.210 U$.




Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)