EnglishIndonesian
Harga Kredit RSPO CPO dan PKO naik, Koperasi Konsumen Bersatu Makmur Jaya Sumut, Siap dukung pengemb
Harga Kredit RSPO CPO dan PKO naik, Koperasi Konsumen Bersatu Makmur Jaya Sumut, Siap dukung pengemb

Koperasi Konsumen Bersatu Makmur Jaya yang beroperasi di Nagori Boluk, Kec. Perdagangan Sumatera Utama, adalah koperasi yang bersertifikat RSPO sejak tahun 2020. Dengan jumlah anggota 271 Petani dan luas lahan 659,38 Ha mereka menghasilkan sekitar 2.233 ton CPO bersertifikat RSPO dan 251 ton PKO bersertifikat RSPO.

Tahun 2020 lalu, pendapatan Koperasi ini dari penjualan kredit RSPO adalah hanya sekitar 20.450 US$. Pendapatan ini dikarenakan pada saat itu, jumlah luasan lahan hanya sekitar 274 Ha dengan jumlah volume CPO hanya sekitar 917 Ton dan PKO 103 ton, dan harga beli juga rendah.

Tahun 2021, adalah tahun yang cukup baik bagi Koperasi ini, dimana Koperasi ini mendapatkan harga yang cukup baik yaitu CPO dengan harga 20 US$/ton dan PKO dengan harga 107 US$/ton, lebih tinggi dari harga tahun lalu yang hanya berkisar 15 US$/ton untuk CPO dan 65US$/ton untuk PKO. Selain harga baik, jumlah luasan lahan yang bertambah juga memberi dampak berdampak pada naiknya volume CPO dan PKO bersertifikat RSPO. Harga yang diterima oleh Koperasi ini melalui penjualan kredit RSPO adalah mencapai 71.230 US$ untuk tahun 2021 ini. Kredit mereka dibeli oleh Procter and Gamble (P&G) sebuah perusahaan kosmetik dan produk kesehatan dan GIVE and Go perusahaan makanan dari Canada.

“Bersyukur atas pendapatan yang kami terima, dan selama ini dana pendapatan dari kredit kami gunakan untuk penyediakan pupuk untuk anggota. Ditahun 2020 lalu, sekitar 25 ton pupuk kami distribusikan untuk anggota. Selain penyediaan pupuk gratis, kami juga sedang memberdayakan perempuan di desa kami dengan cara membantu mereka membangun kebun pekarangan untuk sayur-sayuran. Sayur-sayuran tersebut sebagian kami konsumsi sendiri, dan sebagian kami jual ke kantin Unioleo. Tahun ini kami berencana memperluas dukungan untuk kelompok perempuan” Ungkap pak Ardiansyah selaku Ketua Koperasi.

 

“Kami berharap agar harga CPO dan PKO bisa stabil dan pembeli tetap bersedia mendukung petani swadaya dengan membeli Kredit RSPO mereka dengan harga baik. Karena dengan harga baik, Koperasi dapat menggunakan dana tersebut tidak hanya untuk pengelolaan kelompok dan pelatihan untuk anggota, tapi juga dapat digunakan untuk membantu kelompok rentan lainnya, seperti perempuan dan anak-anak.” Sahadi, Pendamping petani.

Koperasi Konsumen Bersatu Makmur Jaya ini adalah koperasi yang mendapat dukungan program dari Unioleo yang beroperasi di Sei Mangke, Sumatera Utara. Unioleo menyediakan pendamping lapangan, dan pelatihan untuk mendukung petani dalam budidaya perkebunan kelapa sawit agar lebih berkelanjutan. Program dukungan dari Unioleo sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu ini adalah dapat menjadi model dimana dukungan dan kemitraan berjalan beriringan. Selain dukungan program untuk pemberdayaan petani sawit, Unioleo juga membangun kemitraan untuk mendukung pemberdayaan perempuan melalui pembelian sayur-sayur untuk kebutuhan karyawan Unioleo. 



Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)