EnglishIndonesian
Estee Lauder dan Body Shop Ikuti Langkah Unilever Beli Credit Petani Mandiri di Indonesia
Estee Lauder dan Body Shop Ikuti Langkah Unilever Beli Credit Petani Mandiri di Indonesia

Setelah hampir 7 tahun Unilever sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik mendominasi pembelian credit sertifikat RSPO milik petani swadaya, kini tahun 2020, ada 2 perusahaan kosmetik terkenal yang mengikuti jejak Unilever yaitu Estee Lauder dan Body Shop. Kedua perusahaan kosmetik ini tentu tidak asing ditelinga kita, karena hampir kedua kosmetik ini memiliki gerai di semua mall besar.

Jadi, jika ada yang saat ini menggunakan produk Body Shop atau Estee Lauder atau Unilever, maka anda secara langsung telah ikut mendukung keberlanjutan hidup petani mandiri. Tak hanya itu, anda juga terlibat dalam perlindungan lingkungan dan perbaikan kapasitas kelembagaan petani mandiri yang bersertifikat RSPO di Indonesia.

Keterlibatan perusahaan-perusahaan kosmetik terkenal dalam mendukung petani mandiri dalam pengelolaan kebun kelapa sawit yang ramah lingkungan dan berkelanjutan tentu menjadi peluang besar dimana petani memiliki kepercayaan diri untuk meneruskan implementasi standar minyak sawit berkelanjutan di lokasi-lokasi operasi mereka. Hal yang lain adalah dukungan dari banyak pihak tentu akan memberikan daya tarik pada petani-petani mandiri lainnya untuk terlibat dalam sertifikasi minyak sawit berkelanjutan. Bayangkan masih ada jutaan petani mandiri yang masih berada diluar sana yang masih menggunakan metode konvensional dan tidak berkelanjutan baik secara social dan lingkungan dalam pengelolaan kebun mereka.

Hingga tahun 2020, jumlah petani mandiri yang bersertifikat RSPO mencapai 6.336 petani dengan luas lahan 13.882 Ha dengan jumlah produksi TBS mencapai 272.710 ton/tahun. Petani tersebut tersebar di Sumatera Utara, Jambi, Riau, Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah. Semoga tahun-tahun mendatang jumlah petani mandiri yang terlibat dalam sertifiaksi RSPO makin bertambah, sehingga standar minyak sawit berkelanjutan menjadi budaya bagi petani mandiri dalam pengelolaan kebun kelapa sawit mereka.



Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)