EnglishIndonesian
allammedica watches for men
Kolaborasi Petani untuk Memulihkan LandscapePenanda tanganan MoU antara Kelompok Perempuan Pengelola Pembibitan dengan Kelompok Petani Swadaya Bersertifikat RSPO.
Kolaborasi Petani untuk Memulihkan Landscape

Pada tanggal 9 November 2022, bertempat di kantor APBML (Asosiasi Petani Berkah Mandah Lestari), dilakukan penanda tanganan MoU antara Kelompok Perempuan Pengelola Pembibitan dengan Kelompok Petani Swadaya Bersertifikat RSPO.


APBML adalah  Asosiasi Petani Swadaya yang beroperasi di Kecamatan Batang Asam Tanjung Jabung Barat, dan FPS-MRM adalah  Asosiasi Petani swadaya yang beroperasi di Kecamatan Merlung dan Kecamatan Renah Mendaluh Tanjung Jabung Barat. 2 Asosiasi petani ini telah mendapatkan sertifikat RSPO dan dalam waktu dekat akan mencoba masuk dalam sertifikasi ISPO.

Sejak bersertifikat RSPO dan berhasil mendapatkan incentive dari penjualan sertifikat RSPO, kedua Asosiasi ini mengembangkan inovasi sebagai bentuk komitmen mereka dalam mengimplementasikan standar minyak sawit berkelanjutan. inovasi yang dkembangkan oleh 2 Asosiasi ini adalah rehabilitasi sungai melalui Lubuk Larangan, Penggunaan pupuk organic dan dukungan beasiswa pada anak usia sekolah. Untuk inovasi rehabilitasi sungai melalui Lubuk Larangan, di wilayah FPS-MRM ada 3 lokasi Lubuk Larangan yang mereka inisiati sejak tahun 2016, dan di APBML rehabilitasi sungai melalui Lubuk Larangan akan dimulai tahun ini.