EnglishIndonesian
allammedica watches for men
RAT 2021 Sukses, Seluruh Anggota Deklarasi Percepatan Implementasi ISPO
RAT 2021 Sukses, Seluruh Anggota Deklarasi Percepatan Implementasi ISPO

FORTASBI Suskes Gelar Rapat Anggota Tahunan 2021

Rapat Anggota Tahunan 2021 Yayasan FORTASBI Indonesia sukses digelar di Jakarta selama tiga hari, pada 8-10 Desember 2021. Rapat digelar secara tatap muka dan daring (online) melalui aplikasi Zoom untuk memfasilitasi anggota yang berhalangan hadir.

Pelaksanaan RAT hari pertama membahas model kelembagaan, AD/ART, menetapkan Badan Perwakilan Daerah, rencana kerja dan menetapkan kembali H. Narno sebagai Ketua FORTASBI. RAT juga menyerahkan sertifikat kepesertaan kepada 9 kelompok anggota baru, yakni kepada:

1. Koperasi Produsen Mandiri Gaharu Seratus Kab Simalungun (14 Oktober 2020)

2. Asosiasi Pekebun Swadaya Kelapa Sawit Pelalawan Siak (6 April 2021)

3. Perkumpulan Petani Kelapa Sawit Swadaya Tayo Barokah (27 Mei 2021)

4. Koperasi Beringin Jaya (8 Juni 2021)

5. Koperasi Sawit Jaya (8 Juni 2021)

6. Forum Petani Sawit Swadaya Semarak Mudo (10 Juni 2021)

7. Koperasi Marga Indah (29 Juni 2021)

8. KUD Mitra Bersama (23 Juli 2021)

9. Koperasi Mulia Bakti (23 Juli 2021)

Sedangkan pada RAT hari ke-2 digelar loka karya berjudul Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAN-KSB) dan Strategi Percepatan ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil) 2024. Sosialisasi RAN-KSB dilatarbelakangi penetapan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2019, yang bertujuan mempersiapkan pekebun swadaya menuju sertifikasi ISPO, sebelum berlaku wajib pada 2025 nanti.

Kegiatan ini turut dihadiri para pembicara, baik melalui tatap muka dan daring, yakni Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Dedi Junaedi; Direktur Penghimpunan Dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, Dr. Ir. Sunari, MP; dan Fungsional Umum Penyaji dan Pengolah Data Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Tri Martsiska.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Bersama Percepatan Implementasi Standar ISPO di Indonesia oleh Ketua FORTASBI, H. Narno, sebagai bentuk komitmen untuk mendukung program pemerintah Indonesia, dalam percepatan implementasi standar ISPO. Anggota FORTASBI pun memastikan untuk terus menjalankan praktik pengelolaan kebun dan lahan secara berkelanjutan, karena percaya norma minyak sawit berkelanjutan melalui skema ISPO adalah solusi penting untuk menjawab beberapa masalah yang dihadapi oleh petani swadaya di Indonesia.

Di hari terakhir, penyelenggaraan RAT beragendakan sosialisasi Green Point. Aplikasi ini dibangun FORTASBI untuk memberikan layanan kepada seluruh anggota, diharapkan aplikasi ini bisa mempermudah mereka dalam mengumpulkan data keanggotaan hingga aktivitas perkebunan, mulai dari pembelian produk hingga penjualan. Anggota FORTASBI pun antusias mencoba aplikasi ini, serta memberikan usul yang sangat baik dan menarik untuk mengembangkan aplikasi bersama ini.

 

RAT FORTASBI Digelar dengan Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Perlu diketahui, RAT 2021 dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Masing-masing peserta dipastikan telah melakukan swab antigen sebelum perjalanan ke lokasi acara. Selama tiga hari penyelenggaraan pun, anggota diwajibkan memakai masker, serta diberi satu set perlengkapan protokol kesehatan yakni masker untuk tiga hari acara, cairan pembersih tangan hingga vitamin. Anggota juga menjalani swab antigen pada hari terakhir kegiatan, untuk memastikan mereka sehat selama acara berlangsung, dan bisa kembali ke daerah masing-masing dengan aman.




Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)